Mengintegrasikan SuperPuTTY ke GNS3

superputty ke gns3

Baru saja saya menggunakan superputty ke gns3 agar consolenya bisa dengan tab, tanpa harus buka window baru untuk setiap sesi telnet atau SSH. Biasanya teman-teman menggunakan SecureCRT.

…kalau di linux, bisa pakai Konsole. Terminal yang disediakan oleh KDE. Sudah support tab secara default untuk console GNS3.

Ada juga sih yang lain, tapi biasanya berbayar. Kalaupun gratis, sessionnya terbatas. Nah di superputty, gratis, session unlimited dan fiturnya lengkap. 

1. Download dan Install PuTTY juga SuperPuTTY

SuperPuTTY ini seperti aplikasi tambahan untuk PuTTY, jadi harus install PuTTY terlebih dahulu, pas install GNS3, sudah include kok. Pathnya ada di: "C:\Program Files\GNS3\putty.exe". Kemudian:

2. Hubungkan SuperPuTTY dengan PuTTY

Setelah install, coba launch aplikasi SuperPuTTY, kamu akan diminta menentukan lokasi PuTTY. Pilih lokasi PuTTY yang portable, gunakan saja yang ada di path GNS3. 

Superputty required Putty
SuperPuTTY menggunakan PuTTY

Ingat ya, yang portable. Kalau tidak, nanti akan muncul error saat dipakai ke GNS3, muncul ‘invalid argument blablablaa’. 

3. Menggunakan SuperPuTTY ke GNS3

Dari GNS3 GUI, klik menu Edit -> Preferences, akan muncul jendela Preferences, pilih General -> pilih tab console applications -> kemudian pilih aplikasi SuperPuTTY.

Ubah perintahnya menjadi -> “C:\Program Files (x86)\SuperPuTTY\SuperPutty.exe” -telnet “%h -P %p -wt \”%d\””. Sesuaikan pathnya.

connect superputty ke gns3
Memasang SuperPuTTY ke GNS3

Pathnya ganti jadi lokasi aplikasi SuperPuTTY kamu, kalau tidak akan muncul error seperti ini: Could not start Telnet console with command 'SuperPutty.exe -telnet "<ip-server-gns3> -P <port> -wt \"<nama-device>\""': [WinError 2] The system cannot find the file specified.

Contoh di laptop saya, lokasinya ada di C:\Program Files (x86)\SuperPuTTY\SuperPutty.exe. Jangan lupa tanda petiknya [“].

4. Mengatur Tab dan Session Name SuperPuTTY ke GNS3

Sampai langkah diatas, kita sudah bisa menggunakan SuperPuTTY ke GNS3. Tapi… masalahnya ini:

  • Belum menggunakan tab secara default
  • Tab name nya, masih angka misal: “192.168.100.1 -P 5004 -wt "R2"

Dari menu “Tools” pilih “Options”, lalu ke tab “Advance”, centang pilihan “Only allow single instance”. 

single instance superputty
Single Instance SuperPuTTY

Maka dia akan menggunakan tab, tidak membuka jendela baru untuk setiap sesi. Selanjutnya di tab “GUI” bagian “Tabs and Docking”, ganti “Tab Text” nya dari “Static” menjadi “Dynamic”.

Dynamic Tab Text SuperPuTTY

Simpulan

dah.. selesai. Gampang kan? Berikut hasilnya. Console perangkat gns3 pakai superputty, support tab, dan unlimited session. Gratis.

Console GNS3 dengan SuperPuTTY

Saya termasuk jarang mencoba aplikasi yang lain untuk console GNS3. Kamu sendiri, apa aplikasi console GNS3 favoritmu? Silakan share komentar dibawah ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.