Tentang Kami

Belajar Ngonfig (ngonfig.net) terbentuk bermula dari komunitas Belajar Networking di Telegram (@belajarnetworking).

Tentang @belajarnetworking

Sebuah grup Belajar Jaringan Komputer di Telegram yang dibentuk pada tanggal 16 September 2016. Secara khusus grup ini ditujukan untuk membahas seputar dunia Jaringan Komputer.

Sedang nama @belajarnetworking adalah channel yang digunakan oleh grup tersebut sebagai media arsip resource pembelajaran (video, buku, lab, rangkuman materi, hingga lowongan)

Dengan antusiasme para anggota group, @belajarnetworking semakin aktif dan berkembang hingga terbentuklah beberapa sub-group yang dikelola secara bersama, diantaranya:

  • Cisco Certification Study Group: CCNA, CCNP, dan Security
  • Juniper Networks
  • Linux for Server: Diskusi GNU/Linux khusus untuk kebutuhan server.
  • Ngoprek *BSD (FreeBSD, pfSense, FreeNAS): dari komunitas Belajar FreeBSD Indonesia.
  • Blogger Indonesia; seputar dunia blogging, content writing, internet marketing, dan seterusnya.

Tentang Belajar Ngonfig

Telegram yang kaya akan fiturnya seperti (channel, unlimited storage, dan telegra.ph sebagai media blogging) masih relatif terbatas dalam hal publikasi materi.
Oleh karena itu, kami mempertimbangkan untuk memiliki sebuah blog yang akan digunakan sebagai media arsip kedua setelah @belajarnetworking.

Kemudian tepat pada tanggal 12 September 2017, blog ini dibuat dan sudah bisa diakses dengan alamat domain ngonfig.net.

Belajar Ngonfig didedikasikan khusus untuk mengupas seputar dunia Jaringan Komputer, Server, Keamanan, dan hal-hal lainnya.
Semoga dengan adanya blog ini, kami harapkan bisa memberi manfaat lebih terutama bagi diri sendiri untuk terus semangat belajar, dan bisa saling berbagi pengetahuan kepada masyarakat luas dengan lebih mudah.